RECENT COMMENTS

Tuesday, October 9, 2018

TUTORIAL CARA MEMBUAT BIOINSEKTISIDA BERBAHAN JAMUR METHARIZIUM ANISOPLIAE YANG DAPAT MEMBUNUH LARVA KUMBANG BADAK (ORYCTES RHINOCEROS)

Jamur metahrizium anisopliae merupakan salah satu jamur entomopatogen yang dapat menginfeksi berbagai serangga khususnya ordo coleoptera salah satunya adalah larva kumbang badak (oryctes rhinoceros). Jamur ini mempunyai koloni berwarna putih keabu-abuan pada saat masih muda dan kemudian akan berubah menjadi hijau sembur. bentuk konidia dari jamur ini berbentuk pipih silinder. kalau penasaran cek gambar di bawah. salah satu keunggulan jamur Metahrizium anisopliae adalah kecepatan mematikan inang sehingga efektif untuk mengendalikan seranggaga hama. jamur ini9 memiliki spektrum pengendalian yang luas dan dapat menginfeksi hampir 100 spesies

foto konidia metharizium anisopliae di bawah mikroskop perbesaran 400x

sedangkan kumbang badak merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman kelapa sawit, yang biasanya meletakan telurnya di bawah kanopi kelapaa sawi, pada seresah-seresah bahan organik. pada fase imago biasanyaakan menyerang pucuk dari tanaman kelapa sawit yang menyebabkan daun ketika mekar akan berbentuk huruf V. kumbang ini aktif pada malam hari. jamur Metharizium anisopliae dapat menginfeksi larva kumbang badak dan mengakibatkan kematian, awal infeksi jamur metahrizium anisopliae biasanya akan muncull bercak kecoklatan pada tubuh larva kumbang badak dan kemudian setelah beberapa hari akan muncul hifa berwarna poutih pada tubuh larva dan akan berubah menjadi hijau.
 




OKE GAN
cara membuat bioinsektisida jamur Metharizium anisopliae 
  1. harus mempunyai isolat metharizium anisopliae pad media PDA, biasanya isolat  dapat diisolasi dari larva kumbang badak yang terserang oleh jamur metharizium anisoplaie. 
  2. menyiapkan media jagung halus/ beras.
  3. kemudian menanak beras/jagung tersebut selama 10 menit, jangan terlalu lembek,agak bertekstur keras.
  4. kemudian memasukan beras/ jagung tersebut pada plastik tahan panas 100 gram
  5. setelah itu di autoclav agar steril.
  6. setelah di autoclav, media tersebut di dinginkan terlebih dahulu.
  7. setelah dingin, inokulasi jamur M, ansiopliae media tersebut menggunakan jarum ose, di dalam LAF. setelah itu tutup menggunakan klip dibentuk segitiga.
  8. simpan di suhu ruangan terhindar dari sinar matahari.
  9. tunggu selama 2-3 minggu, sampai media tersebut penuh dengan koloni jamur yang berwarna hijau sembut.
  10. siap dipalikasikan, bisa di larutkan dalam air kemudian di semprotkan pada seresah-seresah habitat dari larva kumbang badak
oke semoga ilmu nya bermanfaat dan apanilaada kesalahan dalam penulisan, penulis minta maaf.










0 comments:

Post a Comment